Pemutaran Film La Hila, Inspirasi dan Kebangkitan Pariwisata
Cari Berita

iklan 970x90 px

Pemutaran Film La Hila, Inspirasi dan Kebangkitan Pariwisata

Minggu, 08 Desember 2019

Antusias Masyarakat Menyaksikan Pemutaran Perdana Film La Hila di Paruga Toi Kecamatan Donggo.
Antusias Masyarakat Menyaksikan Pemutaran Perdana Film La Hila di Paruga Toi Kecamatan Donggo.


Travel.Berita11.com— Selain sejumlah objek wisata alam, Kabupaten Bima juga kaya akan wisata sejarah, seperti yang coba dirajut dan dikemas dalam Film La Hila, legenda putri cantik di Kecamatan Donggo.

Pada Sabtu, 7 Desember 2019  malam digelar pemutaran perdana fil La Hila di Paruga Toi kantor Camat Donggo Kabupaten Bima. Sebuah nostalgia dan inspirasi dihasilkan dari film ini.
Selain Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri SE, ada ribuan mata yang menyaksikan pemutaran perdana Film La Hila, termasuk pejabat sejumlah OPD di Kabupaten Bima, anggota Muspika Donggo, sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Produser Film La Hila, Yakub mengatakan, pihaknya menyampaikan apresiasi atas kehadiran Bupati Bima yang ikut menyaksikan pemutaran film di Paruga Toi Kecamatan Donggo.

“Saya pribadi merasa bangga sudah ada dalam bagian sejarah pemutaran Film La Hila ini. Kita masyarakat Donggo harus paham akan sejarah La Hila, supaya seluruh masyarakat dan pemuda memahami arti dari sejarah tersebut,” katanya.

Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri SE berharap cerita dalam Film La Hila akan menginspirasi semangat dan mengukir prestasi. “Menunjukkan inovasi sutradara dari para pemain sutradara dari para pemain menjadi kebanggaan masyarakat Bima,” katanya.

Sebagaimana diketahui, La Hila adalah legenda putri cantik di Desa Kala Kecamatan Dongo Kabupaten Bima yang menjadi rebutan para ksatria pada zamannya. Konon, La Hila tidak memilih di antara para ksatria yang mengejarnya. Ia menghilang dan abadi di dalam bambu.

Kisah tersebut menjadi bagian dari wisata sejarah di Kabupaten Bima, khususnya Kecamatan Donggo. Selain kisah La Hila yang menarik, Kecamatan Donggo memiliki sejumlah keunikan seperti tradisi yang masih terjaga yaitu Uma Lengge, tarian tembe me,e, kearifan lokal menjaga perbedaan kepercayaan serta keindahan pemandangan di atas Teluk Bima. [AN]