Pemda harus Manfaatkan Momentum MotoGP 21 Mandalika untuk Ajak Pembalap ke Bima
Cari Berita

iklan 970x90 px

Pemda harus Manfaatkan Momentum MotoGP 21 Mandalika untuk Ajak Pembalap ke Bima

Kamis, 22 Agustus 2019

Pemerhati Pariwisata Indonesia, Taufan Rahmadi. Foto Ist.


Travel11.com— Mantan Ketua Badan Promosi Pariwisata Nusa Tenggara Barat yang juga pemerhati pariwisata Indonesia, Taufan Rahmadi menyarankan pemerintah daerah seperti Pemkab Bima, Pemkot Bima serta Kabupaten Dompu agar memanfaatkan efek positif lain kegiatan internasional MotoGP21 di Sirkuit Mandalika Lombok untuk meningkatkan promosi pariwisata masing-masing daerah.

Menurut Taufan, hal yang bisa dilakukan kepala daerah seperti Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri SE dan Wali Kota Bima H Muhammad Lutfi SE serta sejumlah kepala daerah lain di NTB dengan berkoordinasi dan mengusulkan kepada Gubernur NTB maupun panitia agar mengarahkan para pembalap kelas dunia seperti Valentino Rossi, Marc Marques, atau Daniel Pedrosa mengunjungi objek wisata di Kota Bima atau Kabupaten Bima.

“Jadi event MotoGP 21 di Sirkuit Mandalika tidak boleh hanya event untuk Lombok Tengah saja. Tapi pemeritah daerah bisa mengambil bagian dan memanfaatkannya. Kalau misalnya setiap daerah di NTB seperti Bima bisa dikunjungi oleh pembalap dunia. Kemudian diposting dalam media sosialnya. Itu berapa banyak bisa hemat anggaran promosi, sudah dibantu dipromosi oleh pembalap dunia. Kepala daerah bisa berkoordinasi dan mengusulkan kepada Gubernur misalnya,” ujar anggota Tim Percepatan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Kemenpar RI dan PIC Mandalika yang pernah membawa Lombok Indonesia berhasil meraih kategori World Best Halal Tourism Destination dan Best Halal Honeymoon Destination ini.

Menurutnya, kehadiran para pembalap MotoGP tahun 2021 tidak mungkin hanya untuk mengikuti event balap. Namun lebih dari itu, pasti ingin menikmati hal-hal unik di sekitar lokasi seperti pariwisata termasuk hingga Pulau Sumbawa. Akan tetapi perlu dikoordinasikan lebih lanjut. “Itu adalah kesempatan juga bagi daerah, tidak hanya di Lombok. Masih ada waktu untuk itu,” ujar pria yang berhasil meyakinkan Kemenpar dan ITDC dalam mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap project Mandalika Lombok melalui pembangunan Masjid Agung di Mandalika ketika berdiskusi ringan dengan Berita11.com group/ Travel11 di Bakso Sumsum Cabang Mataram di eks Lesehan Putri Kota Bima, Jumat lalu.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Bima masih memiliki sejumlah objek menarik dan alami untuk dikunjungi, mulai dari Geopark Tambora, Pantai Pink, Towowamba, Cagar Biosfere Tambora dan Moyo, Pulau Sangiang, Pantai Lariti, serta sejumlah keunikan tradisi dan budaya seperti Taji Tuta di Wawo dan Lengge, Pantai Wane serta keunikan wisata tradisional di pemukiman dataran tinggi Sambori Lambitu dan beberapa objek lainnya. [R]