Pemerintah akan Poles Pantai Pink di Kabupaten Bima jadi TWA
Cari Berita

iklan 970x90 px

Pemerintah akan Poles Pantai Pink di Kabupaten Bima jadi TWA

Selasa, 29 Oktober 2019

Keindahan Pantai Pink di Kecamatan Lambu Kabupaten Bima. Credit Arah Destinasi.

Travel11— Kabupaten Bima memiliki banyak spot wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kondisinya masih alami, unik dan sebagian tidak dimiliki daerah lain di Indonesia. Misalnya keindahan Pantai Pink di Kecamatan Lambu, dengan jejeran pulau-pulau kecil sekitarnya seperti Tanjung Meriam dengan keindahan batuan berbentuk hexagonal.

Untuk mendukung pengembangan Pantai Pink, Bupati Bima sudah lama bersurat kepada Kementerian Lingkungan Hidup melalui Gubernur NTB agar mengubah status Pantai Pink menjadi Taman Wisata Alam (TWA) dari sebelumnya wilayah konservasi.

“Salah satu tumpang tindih atau kesulitan pengembangan di Pantai Pink karena masuk dalam kawasan konservasi. Bupati sudah bersurat ke Kementerian LH melalui gubernur, agar mengubah wilayah konservasi tersebut menjadi taman wisata alam,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bima, Drs Dahlan di dinas setempat, Kamis (24/10/2019) lalu. 

Dahlan mengatakan, pengembangan pariwisata Kabupaten Bima terbagi empat kawasan yaitu di selatan meliputi Pantai Wane, Pantai Rontu dan pulau-pulau kecil seperti Nisa Bea, Nisa Sura, pada bagian utara meliputi Gunung Sangiang dan jejeran pantai sekitar, bagian timur meliputi Pantai Laritik, Pantai Pink, Pulau Kelapa, dan jejeran pulau-pulau kecil, sedangkan di wilayah barat meliputi Geopark Nasional Gunung Tambora dan biosfer Tambora.


Untuk mendukung pengembangan pariwisata, pemerintah mendorong masyarkat membangun home stay berbasis rumah. Karena umumnya wisatawan terutama level internasional lebih menyukai hal-hal alami (back to nature). [R]